Tak Semua Ibu Hamil Rasakan Mual di Awal Kehamilan

Rabu, 14 Maret 2018 - 17:46 WIB
Tak Semua Ibu Hamil Rasakan Mual di Awal Kehamilan
Tak Semua Ibu Hamil Rasakan Mual di Awal Kehamilan
A A A
JAKARTA - Selama hamil, wanita akan mengalami banyak perubahan. Mulai dari perubahan hormon yang berdampak pada mental hingga perubahan fisik seperti munculnya stretch marks, kulit yang menjadi kusam dan kasar, munculnya jerawat hingga rambut rontok.

Mual juga menjadi perubahan yang kerap dikeluhkan para ibu hamil. Namun, tak semua ibu hamil merasakan mual pada masa kehamilannya. Ini disebabkan setiap ibu hamil memiliki kondisi yang berbeda, sehingga tak semua ibu hamil mengalami mual muntah di awal kehamilannya.

Bahkan, ada juga ibu hamil yang tidak sama sekali merasakan mual dan muntah selama masa kehamilannya. Hal ini diungkapkan dibanyak penelitian. Ada juga penelitian yang menyatakan bahwa hanya sebagian kecil wanita hamil tanpa mual, mengalami gangguan akibat penurunan kadar hormon sehingga rentan mengalami keguguran.

Dilansir dari WebMD, mual biasanya terasa pada usia kehamilan trimester pertama. Kondisi ini disebabkan karena terjadinya peningkatan hormon human chorionic gonadotropin (HCG) yang menandakan plasenta berkembang di dalam tubuh. Meski mengalami mual, para ibu tidak perlu khawatir.

Sebab, mual merupakan hal yang umum dialami saat masa kehamilan dan akan hilang pada usia kehamilan 16—20 minggu. Mual saat hamil juga menandakan adanya hormon kehamilan yang tinggi. Yang perlu diperhatikan adalah, saat dokter kandungan tidak menemukan masalah, berarti kondisi kehamilan sehat.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8165 seconds (0.1#10.140)